** Jangan Pernah Remehkan Impian, Walau Setinggi Apapun. Tuhan Sungguh Maha Mendengar. (Negeri5Menara) ** ....: Sejarah ASUS

Jumat, 07 Oktober 2011

Sejarah ASUS

ASUS didirikan pada bulan april 1990 oleh TH Tung, Ted Hsu, Wayne Hsieh dan MT Liao. Keempat pendiri tersebut merupakan insinyur komputer yang bekerja pada Acer . Nama ASUS diambil dari kata Pegasus yang berarti kuda terbang/kuda bersayap yang berasal dari mitologi Yunani .

Nama ASUS sendiri dipilih dengan tujuan untuk mendapatkan posisi teratas dalam urutan nama berdasarkan alfabet .

ASUS memproduksi beragam produk IT mulai dari motherboard, kartu grafis , sound card, PDA, monitor, sistem pendingin komputer, laptop, LCD TV , Blu-ray hingga telepon seluler. ASUS menempatkan diri sebagai perusahaan penghasil produk berkualitas dengan layanan purna jual yg sangat baik . Hal tersebut dibuktikan dengan diraihnya berbagai pernghargaan baik dalam aspek desain, penjualan, laba dan kualitas produk.

ASUS juga turut memproduksi beragam komponen untuk perusahaan lain seperti Dell, Falcon Northwest, Hewlett-Packard dan Apple. Perusahaan yang berpusat di distrik Beitou, Taipei, Taiwan tersebut juga sering menjalin kerjasama dengan perusahaan lain untuk meningkatkan nilai merknya, seperti dengan lamborghini, samsung dan founder technology. Salah satu produk asus yang paling fenomenal adalah accelerator card PhysX yang dirilis pada september 2005 dan Eee PC netbook yang pada tahun 2008 sukses menjadi produk terbaik di asia versi forbes.

Pada tahun 2008, ASUS dipecah menjadi tiga perusahaan yaitu ASUSTek, Pegatron (berbau pegasus) dan Unihan (berbau unicorn/kuda bertanduk) , ketiganya menjalankan fungsi yang berbeda.Dimana Pegatron fokus untuk memproduksi laptop, PC, game console, handled devices, hingga LCD sedangkan Unihan lebih fokus pada produk video-audio.

ASUS juga memberikan perhatian pada isu lingkungan . Pada tahun 2000 ASUS mengkampanyekan program GREEN ASUS yang meliputi green design, green procurement, green manufacturing dan green service and marketing. Bersama intel dan Tsann Kuen Enterprise Co, ASUS meluncurkan program PC Recycling for Brighter Future dan berhasil mengumpulkan 1.200 PC, notebooks dan monitor yang kemudian di daur ulang untuk disumbangkan ke 122 sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di lima komunitas berbeda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar